Thursday 17 July 2014

Cara Print Dari Belakang Halaman

Setelah selesai dokumen dibuat, tahap akhir biasanya adalah mencetak dokumen. Untuk mencetak dokumen di Microsoft  Word caranya tinggal memilih File --> Print --> OK/ Print, atau bisa juga melalui perintah Ctrl + P di Keyboard. Tetapi proses pencetakan oleh Microsoft telah di atur pada mode cetak dari halaman depan. Tentu hal ini menyulitkan kita apabila kita memprint dokumen yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan lembar, kita terpaksa membalikan kembali hasil cetakan, jelas ini membuang tenaga serta waktu.

Agar hal itu tidak terjadi, maka anda harus mencetaknya lembar halaman dari belakang. Ada dua cara yang disediakan oleh Microsoft Word untuk mencetak dokumen dimulai dari halaman belakang, cara ini saya namankan cara manual dan auto.

Saya menamakan kedua istilah ini karena memang terdapat perbedaan sistem kerjanya. Pada cara manual anda harus menghitung atau mengetahui berapa jumlah halaman dokumen terlebih dahulu, sementara cara auto anda tidak harus mengetahui berapa jumlah halaman dari dokumen, otomatis hasil print dimulai dari halaman belakang.

Berikut cara mencetak dokumen di Microsoft Word (2010);

1. Cara Manual

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya untuk cara ini anda terlebih dahulu harus mengetahui berapa jumlah halaman/ lembar (saya anggap anda sudah menghitungnya).

Untuk caranya sebagai berikut:
Ctrl + P atau bisa melalui menu File --> Print


Akan tampil jendela seperti gambar diatas, pada (no. 1) ketik nomor halaman (contoh 4-1), artinya dicetak dari halaman 4 ke 1.
Klik Print (no. 2)
2. Cara Auto

Untuk mendapatkan cara auto anda harus merubah pengaturan di Option Word, caranya sebagai berikut:
Klik menu File --> Options, akan moncul jendela baru.


Pada sub menu pilih Advanced dan di tab menu sebelah kanan pada pilihan Print centang (No. 2) tulisan Print Pages in Reverse Order.
Dan klik OK, untuk menyimpan pengaturan.
Untuk cara mencetak dengan mode auto caranya seperti biasa, melalui menu pilih File --> Print --> OK/ Print.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Ivan Andhika Muslim Seo Elite by BLog Ivan | Blogger Templates